Jumat, 12 Februari 2010

Tim Thomas Indonesia di Grup Ringan


JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Piala Thomas Indonesia berpeluang besar melewati adangan pertama pada kualifikasi zona Asia. Dari undian yang dilakukan di Bangkok, Thailand, Kamis (11/2/2010), Indonesia yang merupakan unggulan pertama tergabung di Grup A bersama Vietnam dan Singapura. Grup ini relatif ringan. 

Melihat hal tersebut, Manajer Tim Piala Thomas Indonesia, Yacob Rusdianto, mengatakan bahwa undian itu tidak mengkhawatirkan dan yakin tim putra bisa lolos kualifikasi. Pasalnya, "Pasukan Garuda" terhindar dari pertemuan dini dengan Korea Selatan yang di luar dugaan tidak masuk tim unggulan.

"Tadinya kami khawatir kalau berada dalam satu grup dengan Korea. Karena hanya juara grup saja yang maju ke babak berikutnya, peluang kita agak berat," kata Yacob yang ditemui di sela-sela simposium Mengembalikan Kejayaan Bulu Tangkis Indonesia di Jakarta, Kamis.

"Dengan pengundian seperti itu, kami tidak khawatir dengan tim putra, apalagi setelah babak pertama masih akan disilang dengan grup lain," katanya.

Sepuluh negara peserta lainnya terbagi dalam tiga grup dengan unggulan kedua, Jepang, yang berada di Grup D bersama Korea dan Laos. Dari masing-masing grup akan diambil dua tim terbaik untuk maju ke perempat final. Caranya, juara Grup A dipertemukan dengan runner-up Grup B. Sebaliknya, juara Grup B bertemu runner-up Grup A. Begitu juga dengan Grup C dan D.

Setelah itu, empat tim yang menang maju ke semifinal dengan juara dan runner-up langsung lolos ke putaran final Piala Thomas yang akan berlangsung di Malaysia pada 9-16 Mei nanti. Sementara itu, semifinalis yang kalah akan diadu untuk menentukan tim ketiga yang maju ke putaran final.

Sementara itu, Kasub Bid Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata menegaskan, tim Indonesia harus terus meraih kemenangan agar perjalanan selanjutnya tidak ditentukan oleh tim lain.

"Kita tidak boleh kalah agar tidak ditentukan oleh negara lain. Saya yakin tim bisa menjadi juara grup maupun meraih kemenangan saat pertandingan silang," katanya.

Grup B kualifikasi Piala Thomas dihuni tim Taiwan, Hongkong dan Filipina. Adapun dalam Grup C terdapat India, Thailand, Sri Lanka, dan Kamboja.

Kualifikasi zona Asia akan digelar dua pekan lagi, tepatnya 22-28 Februari di Thailand.
Dengan pengundian seperti itu, kami tidak khawatir dengan tim putra, apalagi setelah babak pertama masih akan disilang dengan grup lain.
-- Yacob Rusdianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar