Senin, 22 Februari 2010

Target Menang Mutlak

Laga Perdana Tim Thomas-Uber Indonesia

JAKARTA - Tim Thomas dan Uber Indonesia akan memulai perjuangan hari ini di kualifikasi Piala Thomas-Uber 2010 Zona Asia di Nakhon Ratchasima, Thailand. Lawannya pun sama, Singapura. Tim Thomas maupun Uber Indonesia menargetkan menang mutlak atas Singapura.

Bagi tim Thomas, jika berhasil menang, apalagi dengan skor 5-0, satu tempat di babak kedua sudah pasti diraih. Bahkan, posisi teratas grup A bakal menjadi milik Indonesia.

"Kami memang tidak ingin hanya menang. Tapi, kami menargetkan menang mutlak. Sebab, kemenangan akan membuat para pemain lebih percaya diri untuk menghadapi partai berikutnya," tegas Jacob Rusdianto, manajer tim Thomas Indonesia, kemarin (21/2).

Karena itu, kendati Singapura masih satu level di bawah Indonesia, Merah Putih akan turun dengan kekuatan terbaik. Di sektor tunggal, misalnya, tiga pebulu tangkis terbaik di nomor tersebut bakal diturunkan. Secara berurutan, tiga tunggal itu adalah Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, dan Simon Santoso. "Untuk pertandingan pertama, kami memang akan lebih memilih menurunkan komposisi utama," kata Agus Dwi Santoso, pelatih tunggal pria.

Hal yang sama berlaku untuk sektor ganda. Nama Markis Kido/Alvent Yulianto sangat mungkin akan mengisi posisi ganda pertama. Untuk ganda kedua, kepercayaan bakal disematkan kepada pasangan muda Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama Dasuki. Komposisi tersebut diyakini mampu menyumbang poin buat skuad Merah Putih.

"Kemungkinannya bisa seperti itu. Tanpa Hendra (Setiawan) kami memang telah melihat perkembangan Alvent dan juga (Muhammad) Ahsan untuk berpasangan dengan Kido. Namun, komposisi pasti akan ditentukan besok siang (siang ini, Red)," ujar Jacob.

Sama halnya dengan tim Thomas, tim Uber Indonesia yang turun di grup X bakal menurunkan komposisi terbaik demi merealisasikan target menang mutlak. Tiga tunggal terbaik dan dua ganda konvensional bakal diandalkan sebagai alat meraih kemenangan.

Tiga tunggal itu adalah Adriyanti Firdasari di tunggal pertama, Maria Febe di tunggal kedua, dan Maria Kristin di tunggal ketiga. Untuk sektor ganda, ada pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda dan Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari.

"Komposisinya sepertinya tidak jauh dengan yang diutarakan sebelum berangkat. Hanya, kami akan melihat kondisi terakhir pemain besok siang (siang ini). Sejauh ini sih semua baik-baik saja," ungkap Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh.

Semua komponen tim pun mengharapkan kondisi tersebut tetap terjaga sehingga tim Uber Indonesia hari ini mampu memukul Singapura 5-0. "Untuk bersaing dengan Thailand, kemenangan mutlak jelas wajib. Semoga semua pemain tidak lengah sehingga mampu merealisasikan target," tutur Lius. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar