Jumat, 12 Februari 2010

Sigit: Kualitas Permainan Kido/Hendra Menurun

JAKARTA, Kompas.com - Tim putra yang akhir bulan ini akan mengikuti kualifikasi Piala Thomas mulai berlatih bersama, Rabu (10/2/10). Pasangan terkuat Indonesia yang sudah meninggalkan Pelatnas Cipayung, Markis Kido/Hendra Setiawan, serta Alvent Yulianto, sudah bergabung.

"Senang bisa kembali berlatih di Pelatnas," ujar Kido yang langsung bergabung dengan pemain-pemain ganda tim Thomas di Pelatnas Cipayung.

Kido/Hendra yang sejak mengundurkan diri dari Pelatnas dilatih oleh Chafid Yusuf itu tidak pernah berlatih lagi di Cipayung sejak kembali dari Laos untuk memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games akhir tahun ini. Menurut pelatih ganda putra Pelatnas, Sigit Pamungkas, kualitas permainan Kido/Hendra dalam latihan pertama tersebut tidak sebaik biasanya.

"Saya melihat kualitas permainannya agak berkurang, sering tampak ragu-ragu, tetapi mungkin karena mereka memakai perlengkapan baru dengan sponsor yang berbeda," kata Sigit. 

Sejak keluar dari Pelatnas, Kido/Hendra dikontrak perusahaan perlengkapan bulu tangkis lokal Flypower. Kido juga mengaku masih berusaha menyesuaikan diri dengan perlengkapan barunya itu. 

"Agak berbeda, tetapi lama-lama juga akan terbiasa," kata juara Olimpiade Beijing tersebut.

Mengenai Alvent yang akan berpasangan dengan Mohammad Ahsan, Sigit mengatakan, permainan pasangan tersebut bagus. Bahkan ia menilai permainan Alvent --yang bersama Hendra Aprida Gunawan saat ini berperingkat enam dunia-- lebih bagus dari Rian Sukmawan dan Yonatan Suryatama, yang juga memperkuat tim Thomas.

Tujuh hari terakhir menjelang keberangkatan pada 18 Februari, tim ganda putra akan berlatih bersama secara terus-menerus dengan penekanan pada kekuatan permainan dan peningkatan percaya diri di lapangan.

Selain tiga pemain ganda tersebut, pada bagian tunggal, juara Olimpiade Athena, Taufik Hidayat juga tampak berlatih tanding bersama pemain tunggal putra.

Tim Thomas Indonesia menjadi unggulan teratas dalam kualifikasi yang akan berlangsung di Nakhonratchasima, Thailand, 22-28 Februari, diikuti Jepang, India dan Taiwan. Kualifikasi Piala Thomas zona Asia diikuti 13 negara dengan tiga tim terbaik lolos ke putaran final di Kuala Lumpur Malaysia pada 9-16 Mei, dan tim keempat akan diadu peringkatnya dengan tim dari Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar