Sabtu, 27 Februari 2010

Kido/Alvent Kalah, Korsel Samakan Kedudukan


JAKARTA, Kompas.com - Korea Selatan berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 dalam partai final kualifikasi Piala Thomas zona Asia melawan Indonesia di komplek olahraga Nakhon Ratchasima, Thailand, Sabtu (27/2/10). Poin penyama itu disumbang pasangan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seon, yang menang 14-21, 21-19, 21-14 atas Markis Kido/Alvent Yulianto Chandra.

Sebelumnya, Indonesia sudah unggul lewat poin yang dipersembahkan Taufik Hidayat. Peraih medali emas Olimpiade Athena tersebut menang straight set 21-19, 21-15 atas tunggal utama Korsel Park Sung Hwan.

Kido/Alvent mengawali pertandingan dengan sangat meyakinkan, sehingga tak menemui hambatan yang besar untuk menaklukkan pasangan nomor dua Korsel tersebut. Pada set pertama, Kido/Alvent yang baru dipasangkan pada kualifikasi ini--karena pasangan Kido, Hendra Setiwan, tidak bisa tampil akibat sakit demam berdarah--tidak tersentuh oleh Ko/Yoo, yang sejak awal tertinggal.

Kido/Alvent mengawalinya dengan keunggulan 4-0, dan jarak itu sempat dipangkas oleh pasangan Korsel menjadi 5-4. Tetapi setelah itu, Kido/Alvent melejit dan sampai unggul 16-8, sebelum mengakhirinya dengan 21-14.

Namun di set kedua, Ko/Yoo bermain lebih agresif sehingga bisa menyamakan kedudukan. Setelah unggul 4-1, perolehan poin mereka sempat tertahan dan malah tertinggal oleh Kido/Alvent yang memimpin 12-10. Akan tetapi, Ko/Yoo yang tak patah semangat bisa mengejar setelah menambah lima poin secara beruntun untuk balik memimpin 15-12, hingga mengakhiri set kedua dengan 21-19.

Pada set ketiga, Koo/Yoo langsung tancap gas. Delapan poin secara beruntun berhasil diraih pasangan Korsel tersebut untuk memimpin 8-1.
Ini membuat Kido/Alvent tertekan, sehingga mereka sulit untuk mengejar. Meskipun sempat memangkas jarak menjadi 11-15, Kido/Alvent tak mampu menyamakan poin Koo/Yoo, yang melejit lagi hingga akhirnya menang 21-14.

Selanjutnya, Indonesia dan Korsel kembali mengejar poin di partai ketiga yang mempertemukan Sony Dwi Kuncoro sebagai tunggal kedua, dengan Kim Sa Rang. Setelah itu, duel akan dilanjutkan dengan partai keempat antara ganda kedua Indonesia Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama Dasuki versus Hwang Ji Man/Kim Ki Jung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar