Sabtu, 20 Februari 2010

Hendra Pasti tidak Berangkat

JAKARTA, Kompas.com - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia I Gusti Made Oka memastikan, pemain ganda putra Hendra Setiawan tidak berangkat ke Thailand untuk bergabung dengan tim Thomas karena kesehatannya belum pulih total.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hendra dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, sejak Rabu (17/2/10) setelah positif terjangkit demam berdarah. Pasangan Markis Kido ini semestinya berangkat ke Thailand, Kamis, bersama anggota tim piala Thomas dan Uber.

"Saya sudah mengunjungi Hendra ke rumah sakit. Kondisinya belum membaik dan trombositnya masih turun di angka 14.000. Setelah berkonsultasi dengan dokter, sepertinya Hendra memang tidak memungkinkan berangkat. Kami pun memutuskan tidak menyertakan Hendra," kata Oka di Jakarta, Sabtu (20/2).

Babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber zona Asia akan berlangsung di Nakhon Ratchasima, Thailand, 22-28 Februari. Kualifikasi Thomas diikuti 13 negara, sedangkan Uber 10 negara. Tiga tim terbaik langsung lolos ke putaran final.

Tim Thomas Indonesia, yang ditempatkan sebagai unggulan pertama, berada di Grup A bersama Singapura dan Vietnam. Adapun tim Uber tergabung di Grup X bersama Korea Selatan, Sri Lanka, Singapura, dan tuan rumah Thailand.

Tanpa Hendra, kekuatan tim Thomas Indonesia akan berkurang. Namun, Oka tetap optimistis, tim Thomas Indonesia bisa melalui babak kualifikasi dan lolos ke putaran final yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Mei mendatang.

Pada hari pertama, tim Thomas dan Uber Indonesia akan menghadapi tantangan dari Singapura. Di atas kertas Indonesia akan bisa mengatasi Singapura.

Sementara itu, Tim Thomas dan Uber Indonesia, yang tiba di Thailand hari Kamis, sudah menjalani latihan. Asisten pelatih ganda putri, Aryono Miranat, mengatakan, pemain sudah berlatih sebanyak dua kali sehari.

"Fokus latihan hanya untuk menjaga kondisi dan penyesuaian dengan tempat bertanding. Sejauh ini, latihan berjalan lancar dan para pemain belum mendapatkan kendala apa pun," kata Aryono.

Inggris tersisih

Dari kualifikasi Piala Thomas dan Uber Zona Eropa di Warsawa, Polandia, yang berlangsung sejak 16 Februari lalu, tim putra Inggris harus menerima kenyataan gagal lolos ke putaran final. Anthony Clark dan kawan-kawan, bahkan, tak lolos ke delapan besar karena kalah dari tuan rumah di penyisihan grup.

Sebagai unggulan kedua di bawah Denmark, Inggris diunggulkan lolos ke perempat final sebagai juara Grup B. Namun, dalam penentuan juara grup, Inggris dikalahkan Polandia, 2-3. Tim Piala Thomas Inggris pun gagal ke putaran final untuk kedua kalinya dalam delapan tahun terakhir. Sejak tahun 1990, Inggris empat kali absen di putaran final.

1 komentar:

  1. Waduh Hendra kok belum sembuh sih, sedih deh. Trus Kido cintaku gandengan ma siapa?? Andai aku bisa gantikan Hendra....

    BalasHapus