Senin, 08 Februari 2010

Sirnas 2010 Tambah Satu Sumatera jadi Host Dua Seri

           
SURABAYA - Atlet-atlet bulu tangkis nasional belum bisa beristirahat panjang meski agenda Kejurnas Bulu Tangkis 2009 di Surabaya telah usai (30/1). Kini mereka harus langsung bersiap untuk menghadapi Sirkuit Nasional (Sirnas) 2010 edisi pertama di Balikpapan pada 16-20 Februari mendatang.

Sekjen PB PBSI Yacob Rusdianto menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sembilan seri sirnas tahun ini. Itu akan menjadi ajang pengumpulan poin pebulu tangkis menuju seleknas pada 2010. Selain sirnas, para pebulu tangkis bisa mengumpulkan poin seleknas melalui kejurnas dan empat kegiatan swasta nasional. Yakni Piala Wali Kota Surabaya, Piala PMS di Solo, Astec di Jakarta, serta Tangkas Alfamart di Jakarta.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah sirnas tahun ini naik satu buah. "Jika tadinya sirnas di Sumatera dijatah satu, tahun ini dua," jelas Yacob kemarin (7/2).

Itu tak lepas dari pengajuan Medan sebagai tuan rumah seiring dengan perbaikan fasilitas yang mereka lakukan. Hanya, sejauh ini PB belum memberikan jawaban pasti atas keinginan ibu kota Sumatera Utara tersebut. Mereka bersaing dengan Batam. Kota lain di Sumatera yang lebih dulu jadi tuan rumah adalah Riau. "Antara Batam dan Medan, hal itu belum diputuskan ketua umum (PB PBSI)," kata Yacob.

Untuk sirnas tahun ini, Yacob menyatakan, belum ada perubahan regulasi. "Dan tujuannya juga masih menjaring atlet muda serta memperluas persaingan bulu tangkis menuju seleknas," ujar dia.

Sebelum melangkah di ajang seleksi pelatnas, para pebulu tangkis se-Nusantara memang diharuskan mengumpulkan poin melalui gelaran sirnas tersebut. Selain sirnas, agenda penting seperti kejurnas bisa menambah poin untuk seleknas.

Ferry Stewart, pelatih Hi Qua Wima (HQW) Surabaya, menyatakan bahwa timnya sudah melakukan persiapan maksimal untuk menghadapi sirnas edisi pertama tahun ini. "Saat ini latihan kami terus berfokus pada peningkatan fisik," tegas pria yang juga menjabat Kabidbinpres Pengprov PBSI Jatim itu.

Dia menjelaskan, HQW nanti akan menurunkan 32 atlet di Balikpapan. Terdiri atas 4 pebulu tangkis anak-anak, 4 pemula, 8 remaja, 12 taruna, serta 4 dewasa. Rata-rata, Ferry menargetkan anak asuhnya masuk empat besar di perhelatan tersebut. "Sebab, rata-rata atlet yang kami turunkan memiliki peringkat kelima sampai kedelapan nasional," jelasnya. (uan/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar