Rabu, 07 April 2010

Turnamen Asia Ajang Ujian Ganda Baru Bulu Tangkis

Bola.net - Kejuaraan Asia yang akan berlangsung di New Delhi, India, 12-18 April akan menjadi ajang menguji pasangan-pasangan baru setelah Pelatnas melakukan bongkar-pasang ganda mereka.

"Ganda putra dan putri yang dikirim mengikuti turnamen tersebut adalah pasangan-pasangan terbaik, sekaligus dilihat untuk persiapan Piala Thomas dan Uber," ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh di Pelatnas Cipayung, Rabu.

Dengan demikian, katanya, peluang terbesar untuk meraih gelar juga ada pada sektor ganda. Pada ganda putra, Mohammad Ahsan yang biasanya berpasangan dengan Bona Septano akan berduet dengan Yonatan Suryatama, sedangkan Bona berpasangan dengan Rian Sukmawan yang biasanya menjadi gandengan Yonatan.

"Untuk penyegaran saja, karena selama ini terjadi kejenuhan sehingga tidak ada peningkatan," ujar Rian mengomentari perombakan pasangan di ganda putra.

Rian yang bersama Yonatan mencapai final di Jepang Super Series tahun lalu, mengaku tidak ada masalah dipasangkan dengan Bona. "Hanya masalah komunikasi saja yang masih kurang," katanya.

Sementara itu, dua ganda putri yang juga mengalami perombakan yakni Greysia Polii dipasangkan dengan Meiliana Jauhari dan Shendy Puspa Irawati dengan Nitya Krishinda, diharapkan dapat mencetak prestasi di India.

"Saya berharap untuk dua ganda itu minimal bisa mencapai semifinal. Tetapi saya lebih menekankan pada proses daripada hasil," ujar asisten pelatih ganda putri, Paulus Firman.

Pasangan Greysia/Meiliana yang sudah dicoba di All England bulan lalu berhasil mencapai babak perempat final, di antaranya berhasil mengalahkan pasangan nomor satu Malaysia Wong Pei Tty/Chin Eei Hui.

Sedangkan ganda putri pelapis Anneke Feinya Agustin/Annisa Wahyuni yang tahun lalu berhasil mengumpulkan dua gelar dengan menjuarai Vietnam Terbuka dan Selandia Baru Grand Prix diharapkan dapat meningkatkan prestasi mereka.

Pada ganda campuran, pasangan Fran Kurniawan/Pia Zebadiah batal diberangkatkan ke India karena pelatih Richard Mainaky memilih untuk mengirimkan pasangan-pasangan di bawah mereka.

"Fran/Pia tidak diberangkatkan karena keterbatasan jatah ganda campuran. Karena mereka lebih dipusatkan untuk mendampingi Nova Widianto/Liliyana Natsir di turnamen Super Series sehingga peluangnya lebih diberikan kepada pemain-pemain di bawah mereka," ujar Richard.

Pada turnamen berhadiah total 150.000 dolar AS itu, ganda campuran akan diwakili oleh Liliyana Natsir yang kali ini berduet dengan Devin Lahardi, ditambah pasangan Greysia Polii/Tantowi Ahmad dan Muhammad Rijal/Debby Susanto.

"Devin adalah pemain yang kemampuannya komplit, jika ia bisa mengimbangi permainan Liliyana, saya kira mereka bisa menjadi juara," kata Richard.

Pasangan yang menjadi unggulan kelima itu akan mengawali turnamen tersebut melawan pasangan tuan rumah Tarun Kona/Shruti Kurian.

Mereka berpeluang bertemu unggulan kedua asal China Tao Jiaming/Zhang Yawen yang menjadi juara di Malaysia Super Series dan runner-up Korea Super Series jika berhasil lolos ke perempat final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar