Jumat, 09 April 2010

info sea games ke 2011

Menpora: Minimal 120 Medali Emas di SEA Games 2011!

JAKARTA, Kompas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menargetkan minimal meraih 120 emas pada ajang SEA Games 2011 yang akan digelar di Tanah Air.

"SEA Games nanti harus dijadikan momen kebangkitan Indonesia. Apalagi pelaksanaannya di negara sendiri," katanya pada Sarasehan 'Menjadi Tuan Rumah Baik di SEA Games XXVI', di Jakarta, Kamis (8/4/10).

Menurut dia, untuk merealisasikan target itu memang cukup berat. Tetapi jika seluruh elemen, terutama pengurus besar induk organisasi olahraga yang dipertandingkan di SEA Games menyiapkan atlet dengan baik, bisa dipastikan hasilnya juga baik.

"Di SEA Games Laos kita mampu meraih 43 emas. Jadi untuk rumah sendiri harus mampu meraih tiga kali lipat. Ini adalah salah satu peluang untuk menjadi juara," katanya dengan tegas.

Mantan juru bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu mengimbau seluruh pengurus besar secepatnya mempersiapkan atlet dan melupakan konflik-konflik yang terjadi di internal pengurus besar.

Ia menambahkan, sesuai dengan laporan yang masuk, cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games 2011 sebanyak 35 cabang. Jumlah tersebut akan bisa bertambah dan berkurang.

Sementara pelaksanaan SEA Games sesuai dengan keputusan presiden akan digelar di empat tempat yaitu Palembang (Sumatra Selatan), Jakarta, Semarang (Jawa Tengah) dan Bandung (Jawa Barat).

Sementara itu Ketua Umum KONI Rita Subowo mengatakan untuk lokasi hingga saat ini belum ada perubahan, sedangkan cabang olahraga sesuai dengan pengajuan yaitu 35 cabang.

"Cabang itu nantinya akan dibawa pada SEA Games Council Meeting pada bulai Mei 2010," katanya saat dikonfirmasi.

Menurut dia, pihaknya optimistis jika SEA Games 2011 nanti akan berjalan sukses karena sebelumnya sudah menggelar multi event, di antaranya Asian Beach Games 2008 di Denpasar Bali.


Menpora Ajukan Empat Opsi Ceremony SEA Games XXVI

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011 merupakan kebanggan sendiri bagi Indonesia. Tak tanggung-tanggung empat provinsi telah menjadi calon tuan rumah penyelenggaraan event olahraga bergengsi se-Asia Tenggara ini.

Untuk ceremony pembukaan dan penutupan yang jatuh pada hari Jumat (11/11/2011) telah ditetapkan dua provinsi yang dinilai paling siap yakni DKI Jakarta dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Dari dua provinsi tersebut muncul empat alternatif format acara pembukaan dan penutupan, seperti yang diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Mallaranggeng pada sarasehan SEA Games di Jakarta, Kamis (8/4/2010).

"Akan ada empat opsi, yaitu opening-closing di Sumsel, opening-closing di Jakarta, opening di Sumsel-closing di Jakarta atau opening di Jakarta-closing di Sumsel," paparnya.

Sumsel merupakan kandidat terkuat yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Dalam anggarannya, Sumsel mengajukan dana Rp 416 miliar untuk turnamen multi-event ini, Rp 250 miliar di antaranya dialokasikan untuk pembangunan wisma atlet.

Sementara DKI Jakarta dengan total anggaran sebesar Rp 226 miliar dipilih sebagai provinsi yang paling siap dengan alasan ketersediaan sarana transportasi.

Ketua KONI Pusat, Rita Subowo juga menambahkan sampai saat ini beberapa persiapan SEA Games XXVI telah rampung dilakukan, antara lain hymne (mars) dan logo SEA Games 2011 telah selesai dibuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar