Kamis, 15 April 2010

kejuaraan asia 2010


Ganda Putra Langsung Tersapu, Ganda Putri ke Babak Kedua
JAKARTA, Kompas.com - Ganda putra Indonesia langsung tersapu bersih pada babak pertama turnamen bulu tangkis Kejuaraan Asia di New Delhi, India. Dalam duel yang berlangsung Kamis (15/4/10), tiga pasangan dari Tanah Air harus mengakui ketangguhan lawan-lawan mereka.

Dua "pasangan baru" Pelatnas Cipayung Mohammad Ahsan/Yonathan Suryatama Dasuki serta Bona Septano/Rian Sukmawan, gagal mencatat hasil terbaik dalam debut bersama mereka. Bona, yang biasanya berpasangan dengan Ahsan, serta Rian, yang selama ini menjadi tandem Yonathan, menyerah dua set langsung 14-21, 18-21 dari pasangan Malaysia Mak Hee Chun/Tan Wee Kiong. Hal serupa juga dialami Ahsan/Yonathan, yang sempat menang 21-17 di set pembuka, tetapi kalah 21-23, 20-22 di dua set selanjutnya dari pasangan Thailand Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol.

Sejak bergabung di pelatnas, Ahsan selalu berpasangan dengan Bona, begitu juga dengan Rian dan Yonathan. Tetapi di turnamen berhadiah 150.000 dollar AS ini, PBSI "menceraikan" mereka dan dipasangkan secara silang, untuk melakukan variasi sambil melihat kemungkinan untuk jadi pasangan tetap.

Hasil buruk juga diperoleh ganda lainnya, Luluk Hadiyanto/Joko Riyadi. Mantan pasangan pelatnas ini juga sudah memberikan perlawanan maksimal saat melawan unggulan delapan dari Jepang Kenichi Hayakawa/Kenta Kazuno, tetapi akhirnya harus menyerah 18-21, 21-16, 18-21 dalam pertarungan berdurasi 44 menit.

Ganda putri ke babak kedua

Jika seluruh ganda putra Indonesia langsung tersingkir, hal sebaliknya terjadi pada sektor putri. Tiga pasangan Pelatnas Cipayung melewati adangan pertama, dan masih harus bertarung lagi pada malam nanti untuk perebutkan tiket ke babak ketiga atau perempat final.

Pasangan Shendy Puspa Irawati/Nitya Krishinda Maheswari harus berjuang ekstra keras melawan pasangan Vietnam Nguyen Nhung Le Ngoc/Thi Hong Gam Thai. Setelah bertarung selama 42 menit, mereka akhirnya menang 21-10, 17-21, 21-12. Malam nanti, Shendy/Nitya akan bertemu dengan unggulan ketiga dari Taiwan Cheng Wen Hsing/Chien Yu Chin.

Hasil positif juga diraih Meiliana Jauhari/Greysia Polii. Meskipun harus bertarung selama 48 menit, pasangan ini mampu menembus adangan pemain tuan rumah Jwala Gutta/Ashwini Ponnappa dengan kemenangan 18-21, 21-15, 21-17. Selanjutnya, Meiliana/Greysia akan melawan pasangan China Lu Lu/Wang Siyun.

Ganda putri Indonesia lainnya, Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni, tak menemui hambatan besar untuk maju ke babak kedua. Mereka menang dua set langsung 21-18, 21-12 atas unggulan delapan dari Thailand Duang Anong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul. Selanjutnya, Anneke/Annisa bertemu pemain kualifikasi Pakistan Palwasha Bashir/Sara Khan.

Namun, jika Anneke/Annisa dan Shendy/Nitya berhasil lolos ke perempat final, maka tercipta pertarungan sesama pasangan Indonesia. Berdasarkan hasil undian, dua pasangan pelatnas ini akan bertemu di babak delapan besar tersebut.
Tontowi/Greysia ke Perempat Final
Kamis, 15 April 2010 | 16:39 WIB
JAKARTA, Kompas.com - Ganda campuran Pelatnas Cipayung Tontowi Ahmad/Greysia Polii meneruskan kiprah ciamiknya pada turnamen bulu tangkis Kejuaraan Asia di New Delhi, India. Tontowi/Greysia berhasil melewati adangan kedua di turnamen berhadiah 150.000 dollar AS itu, Kamis (15/4/10), setelah mengalahkan pasangan Vietnam Bao Duc Duong/Thi Hong Gam Thai dengan straight set 21-16, 21-16.

Dengan hasil ini, Tontowi/Greysia yang kemarin menyingkirkan unggulan keempat dari Thailand Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dengan 21-19, 21-14, menyegel tiket perempat final. Di babak delapan besar ini, Jumat (16/4/10), Tontowi/Greysia bakal menghadapi lawan yang lebih berat karena bertemu unggulan keenam dari Korea Selatan Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung.

Indonesia masih memiliki satu wakil lagi di sektor ganda campuran ini, yaitu Devin Lahardi Fitriawan/Liliyana Natsir. Pasangan ini akan menghadapi pemain Korea Han Sang Hoon/Jang Ye Na.

Performa Tontowi/Greysia sepanjang duel berdurasi 21 menit ini sangat menjanjikan. Di set pertama, sejak awal mereka selalu unggul dalam pengumpulan poin. Pasangan Vietnam tersebut hanya mampu satu kali menyamakan kedudukan pada skor 4-4, sebelum tertinggal lagi dan kalah 16-21.

Di set kedua, Tontowi/Greysia sempat mendapat perlawanan ketat. Sempat unggul 3-1, perolehan poin mereka tertahan dan pasangan Vietnam bisa balik memimpin pada kedudukan 4-3 dan 6-4. Tetapi setelah itu, Tontowi/Greysia kembali melejit dan tak terkejar lagi sampai akhirnya menang 21-16 sekaligus meraih tiket perempat final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar