Rabu, 21 April 2010

Devin Masih di Bawah Nova

JAKARTA - Pebulu tangkis Indonesia gagal merebut satu pun gelar di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2010. Pencapaian tertinggi pebulu tangkis Merah Putih adalah menembus semifinal even yang diselenggarakan di New Delhi pada 12-18 April lalu itu.

Adalah pasangan ganda cam­puran pelatnas Devin Lahardi/Liliyana Natsir yang menembus babak empat besar. Mereka gagal menembus final setelah dika­lahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 21-12, 19-21, 15-21.

''Sangat disayangkan Devin/Liliyana gagal di semifinal. Melihat permainan mereka dibandingkan kualitas lawan-lawannya, seharusnya mereka bisa juara,'' ulas kepala pelatih pelatnas Cipayung Christian Hadinata kemarin (19/4).

Devin/Liliyana sebenarnya pasangan baru. Devin meng­gan­tikan Nova Widianto yang selama ini menjadi pasangan Liliyana. Tujuannya, Devin bisa meng­gantikan Nova yang usianya sudah berkepala tiga.

Seharusnya Devin/Liliyana tetap bisa bersaing hingga final. Sebab, pasangan Chan/Goh juga masih baru. Apalagi, dalam daftar unggulan Devin/Liliyana berada di urutan kelima, sedangkan Chan/Goh di urutan ketujuh.

''Hasil pertandingan meng­gambarkan bahwa Devin belum bisa mengimbangi kualitas Liliyana. Dia belum bisa menggantikan peran Nova, masih butuh jam terbang,'' urai Christian.

Setelah mengalahkan Devin/Liliyana, Chan/Goh akhirnya tak terbendung menuju tangga juara. Di final mereka mengalahkan pasangan Korea Selatan Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung dengan skor 21-17, 20-22, 21-19.

Sukses pasangan Malaysia itu patut menjadi perhatian PB PBSI. Sebab, itu menunjukkan sektor ganda campuran Malaysia sedang membangun jalan masuk ke jajaran elite. Sebelumnya, nomor andalan mereka hanya tunggal dan ganda pria.

Sementara itu, di sektor ganda pria dan wanita, Christian menilai prestasi wakil pelatnas cukup baik. Kalaupun gagal mempersembahkan gelar, itu karena mereka memang baru dipasangkan. Bahkan, lebih baru daripada Devin/Liliyana.

Di ganda pria ada M. Ahsan/Yonathan Suryatama Dasuki serta Bona Septanto/Rian Sukmawan. Even di New Delhi itu adalah kejuaraan pertama mereka.

Lalu, di ganda wanita ada Shen­­dy Puspa Irawati/Nitya Krishinda dan Meyliana Jauhari/Greysia Polii yang baru dipa­sangkan di Super Series All-England bulan lalu. ''Saya me­lihat ganda wanita memberikan sinyal positif. Saya melihat ke­dua pasangan ini punya prospek bagus di masa depan,'' papar­nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar