Kamis, 22 April 2010

Tony; Indonesia Bisa Menang di Malaysia (Thomas Cup)

Mantan pebulu tangkis nasional Tony Gunawan optimistis tim putra Indonesia masih mampu memenangi Piala Thomas pada putaran final yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 9-16 Mei.

"Pada tunggal, Indonesia masih punya Taufik (Hidayat), Sony (Dwi Kuncoro) dan Simon (Santoso), sedangkan pada ganda masih ada Markis Kido/Hendra Setiawan serta Alvent (Yulianto)/Hendra AG," ujar pebulu tangkis yang sejak 2002 bermukim di Amerika Serikat itu di Jakarta, Kamis (22/4/10).

Pasangan Candra Wijaya saat meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 itu berada di Jakarta untuk mengikuti turnamen khusus ganda putra, "Candra Wijaya Terbuka" yang berlangsung hingga Sabtu (24/4).

Meski optimistis Indonesia dapat meraih trofi di kejuaraan dunia beregu putra itu, Tony mengingatkan bahwa kekompakan tim sangat penting untuk meraih kemenangan.

"Dari dulu juga yang kita jaga kekompakan tim," ujar Tony yang dua kali memperkuat tim Piala Thomas Indonesia pada 1998 dan 2000 itu.

Mengenai pesaing, selain tim China yang sangat kuat, Tony mengingatkan agar tim Indonesia mewaspadai Denmark terutama ganda mereka serta tuan rumah Malaysia yang akan mengandalkan juara All England Lee Chong Wei dan ganda peringkat satu dunia Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Soal ujicoba tim yang akan dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/4/10), mantan pasangan Tony, Candra Wijaya mengingatkan agar tidak terlalu banyak acara seremonial.

"Ujicoba seharusnya dimanfaatkan pemain untuk memupuk kebersamaan dan menjalin persatuan tim," ujar Candra yang terakhir kali memperkuat tim Thomas Indonesia pada 2006.

Beberapa acara yang dijadwalkan diikuti para pemain selama dua hari dalam rangkaian acara ujicoba di Solo antara lain, mengunjungi pabrik tekstil, mencetak rekor MURI "Atlet Bulu Tangkis Indonesia Membatik Bersama" dan kunjungan ke Keraton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar