Sabtu, 10 April 2010

Ganda Putri Indonesia Berpeluang Juara Asia

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pasangan ganda putri Cipayung, Greysia Polii/Meiliana Jauhari dan Shendy Puspa Irawati/Nitya Krishinda Maheswari, berpeluang besar menjadi juara pada Kejuaraan Asia di New Delhi, India, 12-18 April. Kendati demikian, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) tidak mentargetkan juara karena tujuan utamanya untuk memberikan kesempatan pemain muda untuk mengukur kemampuan.

“Peluang juara di dua ganda putri itu, di nomor lain kurang,” kata Lius Pongoh, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, di kantornya, Rabu (7/4).

Dari hasil undian, Greysia/Meiliana akan berhadapan dengan Jwala Gutta/Ashwini Ponnappa dari India pada babak pertama. Apabila menang, di babak kedua akan bertemu dengan pemenang antara unggulan tujuh Shizuka Matsuo/Miami Naito dari Jepang atau pasangan Cina Lu Lu/Siyung Wang.

Paulus Firman, asisten pelatih ganda putri pelatnas Cipayung, optimistis Greysia/Meiliana mampu melewati babak satu dan dua dengan mudah. “Mereka seharusnya bisa mengatasinya dan maju ke perempat final,” kata Paulus.

Di babak perempat final, mereka diperkirakan bertemu dengan unggulan pertama Mizuki Fujii/Rieka Kakiiwa dari Jepang. “Pertarungan kemungkinan ramai, peluang menang 50:50. Apabila ini terlewati peluang juara besar,” ujar Paulus.

Sedangkan, Shendy/Nitya ditantang pasangan Vietnam Nguyen Nhung Le Ngoc/Thi Hong Gam Thai. Di babak kedua, akan bertemu pemenang antara Ha Nan Choi/Sun Yopung Park dari Korea dengan unggulan tiga pasangan Taiwan Wen Hsing Cheng/Yu Chin Chen. “Kalau ketemu Taiwan, peluang menang 50:50. Pasti ramai,” kata Paulus.

Anneke Feinya/Annisa Wahyuni, pasangan pelapis akan langsung berhadapan dengan pasangan terbaik Thailand, Duang Anong Aroonkesorn/Kunchala Vorachita Chaikul. Walaupun lawannya tergolong berat, Paulus optimistis pemain asuhannya bisa melewati babak pertama.

Peluang juara juga masih mungkin didapat dari pasangan baru Devin Lahardi Fitriawan/Liliyana Natsir yang menjadi unggulan kelima. “Kalau Devin bisa bermain tanpa beban saat berpasangan dengan Liliyana, peluang juara terbuka lebar,” kata Richar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar