Selasa, 19 Januari 2010

TAUFIK HIDAYAT DIPANGGIL KE PELATNAS

Jelang babak kualifikasi Piala Thomas dan Uber Cup 2010 yang akan digelar mulai 21-28 Februari 2010 di Nakorn Ratchasima, Thailand, PB PBSI telah mempersiapkan 18 atlet bulutangkis dari 14 atlet yang bakal berlaga, masing-masing 8 putra dan 10 putri. Sedangkan 4 lainnya sebagai cadangan.

Menurut I Made Bagus Oka, Wakil Ketua Umum PB PBSI, skuad Merah Putih memang sengaja dilebihkan sebagai upaya antisipasi dini jika kemudian ada atlet yang mendadak tidak bisa diturunkan nanti.

“Di sektor tunggal putra, kami lebihkan satu atlet. Sedangkan putri, kami lebihkan satu atlet di tunggal dan satu pasangan di nomor ganda. Tapi untuk menempatkan siapa yang bakal duduk di bangku cadangan, tergantung hasil akhir latihan yang sampai kini masih berlangsung di pelatnas,” kata Oka

Di tunggal putra, terpilih Simon Santoso yang baru saja sukses menuai ranking pertama Piala Panglima TNI 2010, disusul Sonny Dwi Kuncoro, Tommy Sugiarto dan atlet non pelatnas Taufik Hidayat.

KIDO/HENDRA DIBUTUHKAN

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan masih tetap menjadi andalan utama dari sektor ganda bersama pasangan Rian Sukmawan dan Yonathan Suryatama.

Untuk kembali ‘mendapatkan’ Kido/Hendra, pihak PBSI harus beberapa kali mengadakan pembicaraan serius menyusul rencana hengkangnya pasangan pemetik emas di Olimpiade Beijing 2008 itu dari Pelatnas. “Terus terang, kita masih membutuhkan tenaga Kido dan Hendra. Dan ternyata mereka cukup mengerti dan siap membela tim Merah Putih,” ujar Oka.

Di bagian putri, Aprilia Yuswandari langsung mendapat kepercayaan masuk dalam skuad Uber Cup 2010 menyusul hasil gemilang yang direngkuhnya sebagai juara Panglima TNI. Selama ini pebulutangkis asal Bantul tersebut selalu ditempatkan di lapis dua pelatnas utama. Disusul Maria Kristin, Adrianti Firdasari dan Maria Febe dari Klub Djarum.

Di nomor ganda, PBSI menyiapkan 3 pasangan, yaitu Greysia Polii/Nitya Krishinda, Meliana Jauhari/Shendy Puspa Irawati dan Lilyana Natsir dengan Aneke Feinya.

“Saya sendiri yang akan memimpin rombongan beserta beberapa pelatih seperti Agus, Marlev dan beberapa ofisial lainnya,” ujar Oka lagi.

Berdasar info kalender BWF 2010, final piala Thomas dan Uber Cup akan digelar mulai 6 sampai 15 Mei 2010 di Malaysia. Dengan begitu Malaysia sebagai tuan rumah dipastikan langsung masuk ke putaran final bersama China sebagai juara bertahan. Secara otomatis Asia hanya akan memperebutkan 4 tiket tersisa dari 6 jatah tiket zona Asia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar