Rabu, 31 Maret 2010

Hendra AG dan Nova Ikut Seleksi ; Pemain Diharapkan Latihan di Cipayung

Jakarta, Kompas (Rabu, 31 Maret 2010) - PBSI tetap memanggil pemain nonpelatnas untuk memperkuat tim Thomas pada putaran final di Kuala Lumpur, Malaysia, 9-14 Mei mendatang. Sejumlah pemain diundang seleksi, seperti Taufik Hidayat, Markis Kido, Hendra Setiawan, dan Hendra AG

”Surat undangan seleksi sudah kami kirim ke pemain bersangkutan. Kami harapkan mereka sudah ikut latihan bersama dan seleksi di Cipayung mulai hari Rabu ini,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Yacob Rusdianto di Jakarta, Selasa (30/3).

Dari semua pemain yang diundang, sebagian besar merupakan pemain yang memperkuat tim Thomas pada babak penyisihan Zona Asia di Thailand pada akhir Februari lalu. Untuk tim Uber, bahkan hampir tidak mengalami perubahan.

”Untuk tim Thomas ada dua pemain baru yang kami libatkan, yakni Nova Widianto dan Hendra AG. Mereka juga berpeluang masuk tim dan tentu saja akan semakin membuat sektor ganda kita lebih variatif,” kata Yacob.

Pada babak penyisihan Zona Asia, sektor ganda diisi Markis Kido, Alvent Yulianto, Rian Sukmawan, Yonathan Dasuki, dan Mohammad Ahsan.

Selain mereka, ada Hendra Setiawan. Namun, Hendra batal berangkat karena sakit demam berdarah. Menurut Yacob, Hendra Setiawan juga diundang dan ikut seleksi.

Dipanggilnya Nova dan Hendra AG sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Meski biasa bermain di nomor ganda campuran bersama Liliyana Natsir, Nova sudah menunjukkan kemampuannya bermain di ganda putra pada SEA Games XXV di Laos akhir Desember lalu.

Nova, yang ketika itu dipasang bersama Ahsan, tampil meyakinkan dengan mengalahkan pasangan Malaysia di partai final beregu. Adapun Hendra AG merupakan mantan pemain pelatnas Cipayung. Setelah keluar dari pelatnas, Hendra AG selalu berpasangan dengan Alvent.

Taufik diundang

Untuk sektor tunggal, PBSI mengundang pemain nonpelatnas Taufik Hidayat. Adapun di pemain pelatnas terdapat nama-nama, seperti Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto, dan Dionysius Hayom Rumbaka.

Seleksi pemain akan dilakukan mulai Rabu ini sampai beberapa hari sebelum batas akhir penyerahan nama-nama anggota tim pada 23 April 2010.

Dari jumlah pemain itu, hanya 10 pemain yang didaftarkan untuk anggota tim Thomas, yang terdiri dari 4 pemain tunggal dan 6 pemain ganda.

Demikian juga tim Uber. Formasi tim Uber tidak akan terlalu banyak berubah. Sektor tunggal akan diisi Adriyanti Firdasari, Maria Febe Kusumastuti, Maria Kristin, dan Aprilia Yuswandari.

Sementara itu, di sektor ganda ada sedikit perubahan formasi. Greysia Polii—yang biasa dipasangkan dengan Nitya Krishinda—akan dimainkan bersama Meiliana Jauhari. Adapun Nitya akan dipasangkan dengan Shendy Puspa. Selain mereka, terdapat dua nama, yakni Liliyana Natsir dan Anneke Feinya Agustine.

”Untuk ganda pertama, Greysia/Meiliana sudah tidak akan diubah lagi. Sementara ganda kedua bisa diganti-ganti dengan memasukkan Liliyana atau Feinya,” ujar Yacob.

Wakil Ketua Umum PB PBSI I Gusti Made Oka cukup optimistis dengan peluang tim Thomas dan Uber Indonesia untuk lolos dari penyisihan grup.

Di Piala Thomas, Indonesia akan berada di Grup D bersama India dan Australia. Adapun tim Uber Indonesia berada di Grup B bersama Denmark dan Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar