Rabu, 16 Desember 2009

Kido/Hendra Kuak Harapan Raih Emas

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia kembali menguak harapan untuk mendulang emas dari cabang bulu tangkis SEA Games XXV 2009 Laos. Setelah terjadi all-Indonesian final di sektor tunggal putra dan ganda campuran Nova Widianto/Liliyana Natsir maju ke final, kini giliran ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan yang melaju ke partai puncak.

Ganda putra nomor satu Pelatnas Cipayung tersebut berhasil melewati adangan pasangan Malaysia, Mohd Fairuzuzuan/Mohd Zakry Abdul Latif. Dalam pertandingan semifinal di Gym Hall 1, National Sports Complex, Rabu (16/12/2009), peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini menang 27-25, 15-21, 21-16 dalam waktu 50 menit.

Sayang, keberhasilan Kido/Hendra tak diikuti "adik" mereka, Bona Septano/Mohammad Ahsan, yang tak berdaya menghadapi ketangguhan pasangan Malaysia yang merupakan unggulan kedua, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong. Dalam duel berdurasi 30 menit, pasangan nomor dua di Pelatnas ini menyerah 16-21, 10-21.

Dengan demikian, Indonesia sudah memastikan meraih medali perunggu dari nomor perorangan ganda putra melalui Bona/Ahsan. Medali emas akan diperebutkan dua ganda putra terbaik di dunia tersebut. Ini juga menjadi ulangan partai final nomor beregu putra, ketika Kido/Hendra menyerah dari pasangan Malaysia itu.

Di SEA Games Laos tersebut, Indonesia memasang target lima medali emas atau lebih rendah dari target di SEA Games 2007. Kala itu, Indonesia menyapu bersih tujuh medali emas. Namun, kenyataan berbicara lain karena target itu sudah pasti tidak bisa terwujud setelah para pemain putri berguguran, termasuk hanya meraih medali perak di nomor beregu putri.

Sejauh ini, bulu tangkis baru menyumbang satu emas dari nomor beregu putra. Emas dipastikan bertambah dari tunggal putra setelah terjadi pertemuan antara Sony dan Simon. Kini, peluang mendulang emas datang lagi dari Nova/Liliyana dan Kido/Hendra. Artinya, total Indonesia hanya bisa meraih empat medali emas (dengan asumsi Nova/Liliyana dan Kido/Hendra sabet emas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar