Senin, 14 Desember 2009

Berjuang 62 Menit, Maria ke Perempat Final

JAKARTA, Kompas.com - Tunggal putri Indonesia, Maria Kristin Yulianti, melewati adangan di babak pertama bulu tangkis nomor perorangan SEA Games XXV 2009 Laos. Pada pertandingan di Gym Hall 1, National Sports Complex, Maria harus berjuang selama 62 menit untuk menyingkirkan pemain Singapura, Fu Mingtian.

Meskipun diunggulkan, Maria yang kemarin mempersembahkan satu-satunya poin bagi Indonesia di final beregu putri melawan Malaysia, sempat kalah 15-21 di set pertama. Tetapi di dua game selanjutnya, peraih medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 ini bisa keluar dari tekanan untuk memenangkan laga yang seru dan ketat tersebut dengan 22-20, 21-17.

Di babak kedua atau perempat final, Maria kembali akan bertemu lawan yang sangat berat. Kali ini dia menantang jagoan Malaysia yang kemarin menaklukkan Adriyanti Firdasari pada final nomor beregu putri, Wong Mew Choo. Unggulan ketiga ini maju ke perempat final tanpa harus bertanding karena mendapat bye.

Dengan demikian, ada dua pemain Indonesia yang akan tampil di perempat final. Pasalnya, Firdasari yang merupakan unggulan kedua, juga langsung tampil di babak delapan besar setelah mendapat bye.

Seperti halnya tunggal putra, di sektor tunggal putri ini juga Indonesia memiliki harapan meraih emas dan perak. Jika sama-sama terus melaju, maka Firdasari dan Maria akan bertemu di final.

Bona/Ahsan menang mudah

Sementara itu di nomor ganda putra, pasangan Pelatnas Cipayung Bona Septano/Muhammad Ahsan, tak kesulitan untuk meraih tiket perempat final. Melawan pasangan Kamboja Nuon Sophorn/Teav Yongvannak, Bona/Ahsan hanya perlu waktu 20 menit untuk menang straight set 21-13, 21-7.

Selanjutnya, mereka akan bertemu dengan pemenang duel antara pasangan Laos Chanda/Yothin melawan pasangan Filipina Jaime Junio Jr/Patricque Magnay.

Di sektor ganda putra ini, Indonesia juga menempatkan dua wakil di perempat final. Ganda nomor satu Markis Kido/Hendra Setiawan langsung meraih tiket perempat final karena mendapat bye di babak pertama. Di babak kedua, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 ini ditantang pasangan Thailand Nuttaphon Narkthong/Patiphat Chalardchalaem, yang menang 21-4, 21-11 atas pasangan KambojaPrum Saravuth/Vann Chanpisey.

Dari hasil keseluruhan di babak pertama bulu tangkis nomor perorangan ini, para pemain Indonesia belum terbendung. Sebelum Maria Kristin dan Bona/Ahsan meraih tiket ke perempat final, di sektor tunggal putra Simon Santoso dan Sony Dwi Kuncoro sudah lebih dulu memperolehnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar