Selasa, 04 Mei 2010

Tak Bisa Pilih Lawan di Perempatfinal

Jakarta - Format baru akan diperkenalkan di perempatfinal Piala Thomas dan Piala Uber 2010. Nantinya, tim yang lolos ke sana tidak bisa memilih lawan karena lawannya akan diundi.

Inilah salah satu bentuk inovasi untuk putaran final Piala Thomas dan Uber yang diperkenalkan saat undian di Kuala Lumpur awal Maret lalu.

Di perempatfinal nantinya, juara dan runner-up dari masing-masing grup tidak akan langsung dipertemukan secara silang. Negara mana menghadapi lawan yang mana akan diundi dengan mengacu pada ranking dunia terbaru yang dikeluarkan menjelang pengundian.

Artinya, tidak ada negara yang bisa memilih lawan, seperti yang dilakukan Korea Selatan tahun 2008. Saat itu, Korsel memilih jadi peringkat ketiga grup dan merintis jalan melalui playoff, lolos ke perempatfinal dan akhirnya mencapai final.

Juga berbeda dengan format tahun 2008, Piala Thomas dan Uber 2010 ini tidak mengenal playoff menuju perempatfinal. Nantinya, cuma juara dan runner-up grup yang berhak atas tiket 8 besar.

Di fase grup Piala Thomas, 12 negara partisipan dibagi dalam empat grup yang masing-masing berisi tiga tim. Indonesia sendiri berada di Grup D bersama Australia dan India.

Sama dengan di bagian putra, 12 kontestan di Piala Uber juga dibagi dalam empat grup yang masing-masing berisi tiga peserta. Tim putri 'Merah Putih' tergabung bersama Denmark dan Australia di Grup B.

Putaran final Piala Thomas dan Piala Uber akan digelar pada 9-16 Mei ini di Kuala Lumpur, Malaysia. China adalah juara bertahan di kelompok putra dan putri.

Berikut adalah pembagian grup Piala Thomas dan Uber 2010
Piala Thomas
Grup A: China, Korea Selatan, Peru
Grup B: Malaysia, Jepang, Nigeria
Grup C: Denmark, Jerman, Polandia
Grup D: Indonesia, India, Australia

Piala Uber
Grup A: China, Malaysia, Amerika Serikat
Grup B: Indonesia, Denmark, Australia
Grup C: Jepang, Rusia, Jerman
Grup D: Korea Selatan, India, Afrika Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar